BEASISWA ICCR INDIA FULLY FUNDED (S1, S2, & S3)

535
ICCR Scholarship

Assalamua’alaikum, terimakasih sudah klik postingan ini.

Kali ini kak Dann akan share beasiswa kuliah luar negeri di India, yang mungkin banyak sekali yang belum tahu tentang beasiswa ini. Namanya ICCR Scholarship. Sebagai awardee beasiswa ini tahun 2018, tidak ada salahnya kak Dann berbagi ilmu & informasi. Is that right? Well, yuk kita masuk ke topik pembahasan:

ICCR scholarship? Apa itu kak?

Sebelum lanjut untuk pembahasan yang lebih detail tentang beasiswa ICCR ini, alangkah baiknya kita harus memahami mengapa harus kuliah di india?. Okay guys, banyak yang tanya ke saya, apa sih beasiswa ICCR itu?

Singkatnya, ICCR scholarship merupakan salah satu beasiswa yang ditawarkan langsung oleh pemerintah India bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan jenjang belajar tingkat S1, S2, S3 (Ph.D) ataupun Postdoc. Beasiswa ini boleh dibilang fully funded (kecuali flight cost) mencakup living cost, tuition fee, biaya visa, kesehatan dan lain-lain. Info detail nanti saya akan infokan di bawah ya.

Btw, apa saja sih persyaratannya kak?

Jadi begini, temen-temen silahkan persiapan semua berkas dokumen dulu seperti dibawah ini ya:

1. Foto ukuran 3.5×4.5 cm backgroud warna putih (untuk di upload di formulir)
2. Marksheet ijazah SMA
3. Marksheet pendidikan sebelumnya (jika mendaftar S2 maka sertakan markseet S1)
4. Physical Fitness yang diisi dan ditanda tangani oleh dokter
5. Surat rekomendasi dari sekolah atau kampus
6. Unique ID (Bisa pakai KTP)
7. Sinopsis bagi pendaftar S3
8. Silabus kopi pendidikan sebelumnya (dibawa saat daftar ulang)
9. English Proficiency Certificate i.e. TOEFL, IELTS, etc *

Kapan sih pembukaan beasiswanya, kak?

Untuk pendaftaran beasiswa ICCR sendiri biasanya buka pada awal bulan Desember – February tiap tahun, karena info pengumuman lolos tidaknya 3 bulan setelahnya. So, well-prepared aja ya.

Applicant yang lolos akan mendapatkan notifikasi email dan diminta untuk mengurus dokument visa di kantor kedutaan India terdekat. (Jakarta, Bali, atau Medan) dengan membawa berkas lengkap saat pendaftaran.

Lalu, fasilitas apa saja yang diberikan kepada awardee, kak?

Fasilitas Beasiswa ICCR sangatlah cukup menjanjikan, mau tau?:
Sebagai pedoman, nilai currency Rupees disini Rs 1 = Rp 200 (kurang lebih)

a. Biaya Hidup Bulanan (Living Allowance)
Untuk jenjang S1 uang saku sebesar Rs 18,000 per bulan. Untuk jenjang S2 uang saku bulanan sebesar Rs 20,000 . Untuk jenjang S3 uang saku bulanan sebesar Rs 22,000 dan untuk jenjang Postdoc sebesar Rs 25,000.

b. Uang Kuliah/SPP

Dibayarkan langsung oleh pihak ICCR ke kampus. Jadi ga usah khawatir ya sob.

c. Uang Sewa Rumah
Bagi penerima beasiswa ICCR biasanya akan mendapatkan uang sewa rumah sebesar Rs 6,500 per bulan. Tapi sesuai pengalaman saya, berhubung saya tinggal di hostel, jadi uang sewa rumah pun sudah settle alias sudah di urus sama pihak kampus. So, no need to worry about this.

Note: Setiap penerima beasiswa wajib tinggal di asrama kampus (hostel) dan biaya sewa hostel + listrik akan dibayarkan langsung oleh ICCR kepada pihak kampus. Bagi yang ingin tinggal diluar kampus maka harus mendapat persetujuan dari ICCR dan besaran uang sewa seperti yang tertulis diatas. Bagi yang tidak mendapat persetujuan dari ICCR maka ICCR tidak akan memberikan uang sewa rumah sehingga biaya sewa rumah harus dibayar dengan uang saku pribadi.

d. Uang Buku (Contingent Grant)
Besaran uang buku sebesar Rs 5,000 (S1), Rs 7,000 (S2), Rs 12,500 (S3) dan Rs 15,500 (Postdoc). Nominal tersebut hanya didapat sekali selama masa kuliah berlangsung.

e. Biaya Penelitian atau Projek
Bagi mahasiswa S3 yang wajib melakukan thesis atau desertasi maka ICCR memfasilitasi dana penelitian sebesar Rs 10,000 (S3). Untuk jenjang S1 dan S2 yang tidak wajib thesis namun kampus mewajibkan pembuatan project work maka fasilitas dana yang diberikan sebesar Rs 7,000.

f. Biaya Kesehatan (Medical Benefit)
ICCR akan memberikan biaya kesehatan bagi penerima beasiswa dengan cara menyertakan bukti periksa atau bill obat. Bill periksa atau obat yang dicover oleh ICCR hanya yang berasal dari Klinik atau Rumah Sakit kampus dan Rumah Sakit Pemerintah.

g. Visa Belajar
Semua penerima beasiswa akan mendapatkan VISA  gratis. Untuk pengurusan visa sendiri bisa dilakukan di kantor kedutaan India di Jakarta.
h. ICCR Winter and Summer Trips
Setiap tahunnya ICCR akan mengadakan Winter Trip dan Summer Trip ke beberapa tempat wisata di kota pilihan. Biaya trip gratis bagi para penerima beasiswa. Fasilitas yang diberikan berupa transportasi, penginapan, makan, dan tiket masuk tempat wisata.

Wow, jadi ga sabar. Link untuk pendaftaran mana nih, kak?

Setelah teman-teman mempersipkan berkas dokumen secara lengkap dan detail, yuk langsung isi form online via link berikut : http://a2ascholarships.iccr.gov.in/

Ingat, jangan lupa baca basmallah dulu ya 🙂

Untuk lebih jelasnya, Kak Dann jelaskan singkat step untuk isi form ya :

Step 1

Step 1 : Registration Form

Step 2

Step 2 : Filling Form

Step 3

Step 3 : Log in your account

NB: Berikut kak Dann lampirkan beberpa file Guidelines dari tahun sebelumnya :

  1. Download ICCR user manual
  2. Download guidelines
  3. Download physical fitness format
  4. Download guidelines after admission

Okay, baik teman-teman. Begitulah singkat penjelasan saya terkait beasiswa ICCR India, semoga bermanfaat ya! Tetap semangat wahai scholarship hunter! Selamat mencoba!!!

Misal ada pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung PM di Instagram saya @danang_dann.

Leave a comment