HOW TO IMPROVE WRITING SKILL

2646

Writing adalah salah satu bagian  dalam bahasa inggris yang menitikberatkan pada penyampaian pesan tertulis. Dalam  writing  yang harus diperhatikan adalah penyampaian pesan. Namun terdapat dua jenis writing, formal writing dan informal writing. Formal writing digunakan antara lain untuk academic writing, laporan pekerjaan, pembuatan buku, dan artikel surat kabar/majalah. Sementara informal  writing  digunakan sebagai sarana percakapan  melalui  jejaring  sosial, pesan singkat SMS, atau surat menyurat. Ada  beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika menulis bahasa inggris:

WRITING

  1. Usahakan menggunakan grammar yang baik, pastikan tensesnya benar, to be   yang tepat, dan berbagai written expression yang seharusnya. Hindari  menggunakan gaya penulisan semau gue. Ingat, anda sedang belajar. Lakukanlah segalanya dengan baik. Akan ada  waktunya anda bisa menulis secara flexible dengan diksi melimpah.
  1. Untuk menulis banyak, anda harus membaca banyak. Filosofi menulis hampir seperti (maaf) kencing. Maksudnya di sini adalah semakin banyak dan beragam bacaan anda, semakin kaya pula kosa kata anda dalam menyusun kalimat. Tentunya ini akan mempengaruhi baik-tidaknya tulisan anda. Intinya banyak-banyaklah membaca atau berdiskusi. Masukan sebanyak mungkin materi ke dalam pikiran anda. Intuisi anda akan terasah dan kalimat  akan dengan mudah keluar dari pikiran anda. Akan ada suatu waktu ketika anda tidak bisa menulis karena buntu dan tidak ada ide di kepala anda. Itu tandanya anda  perlu  bahan  bacaan baru sebagai sumber inspirasi. Tidak ada  salahnya berlibur dan bertemu banyak orang baru dengan berbagai idealisme.
  1. Belajarlah dari yang mudah. Ketika anda sedang mulai belajar bahasa inggris cobalah menulis dengan membuat kalimat mudah seperti yesterday I went to my grandma’s house, she asked me to help her cooking tapas. Setelah itu anda bisa berimprovisasi dengan kalimat yang sedikit lebih panjang. Usahakan selalu ada  peningkatan panjang kalimat. Begitu seterusnya sampai anda menyelesaikan satu paragraf.
  1. Carilah sebanyak mungkin diksi  (pilihan  kata). Diksi membantu anda menyampaikan ide melalui kalimat dengan pilihan kata yang bervariasi. Dalam penulisan,  semakin  banyak  penggunaan  variasi kata, akan semakin tidak membosankan. Dan poin “tidak membosankan” inilah salah satu kriteria baik- tidaknya  suatu tulisan. Setelah anda menemukan banyak diksi, jangan lupa mencatatnya untuk digunakan di kemudian hari sebagai sinonim.
  1. Sederhanakan kalimat. Salah satu gaya penulisan yang baik adalah singkat, padat, dan jelas dalam penyampaian pesan. Jika anda bisa menyampaikan pesan dalam 20  kata, tidak  perlu 50  kata untuk bercerita panjang lebar karena terlalu bertele-tele.
  1. Jangan  terlalu  terpaku pada deskripsi. Banyak pembaca yang menginginkan plot cerita mengalir deras dan fantastis. Mereka tidak terlalu memusingkan deskripsi yang bisa jadi dibuka di akhir bagian.
  1. Jangan takut menabrak aturan. Menabrak aturan akan bisa dilakukan jika anda sudah  terbiasa menulis dengan benar. Menabrak aturan adalah tingkatan yang sedikit lebih tinggi dari pada menulis dengan benar. Anda akan menemukan kalimat dan diksi yang variatif dengan membaca. Maka dari itu bacalah!
  1. Edit. Apapun tulisan anda, jangan lupa untuk mengedit. Tulisan yang  bagus  tidak  diperoleh dengan satu kali  kreasi. Anda perlu  melakukan polesan di sana-sini untuk menyempurnakan tulisan. Perhatikan diksi dan susunan kata, termasuk to be dan bentuk aktif-pasive.